Minggu yang lalu 9-12 saya mencoba untuk sedikit iseng2 ngoprek Peugeot 306 di bagian lampu belakang, karena sudah beberapa hari ada gejala2 aneh di bagian per-lampu-an sebelah kiri mobil. Jika sedang jalan siang, semua fungsi lampu rem, mundur, sign berjalan normal. Namun jika jalan malam dan headlamp dinyalakan, jika menyalakan lampu sign ke kiri bersamaan dengan rem, maka nyala lampu sign kiri berkedip lebih cepat. Seperti jika ada sebuah lampu sign yang mati (entah depan / belakang), seperti pengalaman saya dulu waktu punya Ford Laser 95.

1.jpg


Pada saat melakukan pengecekan kondisi fisik lampu belakang, ternyata untuk membuka rumah lampu sangat mudah. Dari bagian dalam bagasi, ada 2 buah baut yang dapat dibuka tanpa obeng, cukup dengan tangan.

2.jpg

Namun ternyata oh ternyata, seelah baut dibuka dan soket kabel dilepas .. simsalabim .. lepaslah 1 gelondong unit lampu belakang Pug 306. Untung pas nyopot reflek tangan cukup bagus, kalau tidak bagian kaca lampu dan reflektor bisa jatuh, pecah dan nangis darah ..

4.jpg

*Bagian lampu yang terlepas

3.jpg

* Dudukan lampu belakang + soket. Jadi mudah dibersihkan

Hasil dari investigas dan bongkar2 lampu belakang adalah NULL. Tidak ada gejala kerusakan pada fisik lampu belakang. Semua bohlam terlihat sehat, tidak ada yang mati.

Next : Cek lampu depan + sistem kelistrikan, relay, sekering.

Advertisements